Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI DIY 2018 dan Pekan Olahraga Wartawan Daerah (PORWADA) DIY III 2018 resmi dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di GOR Among Raga Yogyakarta, Kamis 5 Juli 2018.
Rakernas SIWO PWI di Yogyakarta menjadi moment istimewa selain dihadiri perwakilan 34 provinsi ditambah PWI Solo juga dihadiri oleh Ketua Umum PWI semua provinsi di Indonesia. Sedangkan Porwada DIY III 2018 merupakan ajang seleksi bagi SIWO PWI DIY untuk menyusun skuad atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020 di Papua. Sebanyak 9 cabang olahraga akan dipertandingkan pada gelaran Porwada DIY III 2018 dari tanggal 11 hingga 22 Juli 2018.

Bertempat di Rumah Dinas Bupati Sleman Rabu, 4 Juli 2018 Kontingen SIWO PWI Sleman yang akan berlaha pada Porwada DIY III 2018 dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Sleman Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes. Kontingen Sleman akan berlaga pada keseluruhan cabang olahraga yang dipertandingkan dengan mengirimkan 49 atlet pada cabang olahraga atletik, bridge, biliar, bulutangkis, catur, tenis meja, tenis lapangan, futsal dan sepakbola.
Wakil Bupati Sleman yakin Sleman bisa kembali meraih juara umum pada Porwada DIY tahun ini, berdasar catatan prestasi yang sudah diraih pada Porwada DIY sejak pertama kalinya digelar. Senada Ketua Umum KONI Sleman juga mendukung penuh SIWO PWI Sleman agar menjaga komitmen dengan upaya maksimal meraih gelar juara umum dalam ajang seleksi untuk Porwanas 2020 Papua.*ARS)